Keunggulan Yang Ditawarkan iPad Air 4 2020

saffix
  • Banyak pihak sepakat jika iPad Air 4 (2020) terbaru yang khas dengan tampilan colorful atau berwarna-warni sebagai perangkat tablet buatan Apple terbaik sejauh ini. Beberapa alasan utamanya karena layar, kemampuan pengisian ulang baterai dan performa rata-rata yang ditawarkan. Terlebih, soal harganya yang bisa dibilang masih terjangkau.

    Spesifikasi Singkat iPad Air 4 2020
    Sistem Operasi : iPad OS 14
    CPU : Bionic A14
    Ruang Penyimpanan : 64GB dan 256GB
    Layar : 10.9 inci (2360 x 1640 piksel) Liquid Retina
    Kamera Belakang : Wide 12MP
    Video : Up to 4K di 60 FPS
    Kamera Depan : TrueDepth 7MP
    Wireless : Wi-Fi 6, 4G LTE Opsional
    Baterai : 28.6 watt-jam dengan penggunaan hingga 10 jam
    Ukuran : 9.7 x 7 x 0.24 inci
    Harga : Rp8 jutaan
    Keunggulan Yang Ditawarkan iPad Air 4 2020 Tampilan Layar

    Layar yang dimiliki iPad Air 4 2020 ini sangat tajam, dan mampu mendukung tampilan video dengan resolusi 4K. Selain itu reproduksi warna dalam video yang dihasilkan juga terlihat sangat baik. Terlihat ketajaman antar warna-warna yang dimunculkan. Tidak heran juga karena adanya dukungan spektrum warna sRGB hingga 102.9 persen, di mana rata-rata iPad lainnya hanya sebesar 97 persen.

    Dukungan lainnya yang membuat layar iPad Air 4 begitu spesial adalah fitur laminasi penuh dan pelapisan anti-refleksi, sehingga lebih tahan terhadap silau dan sidik jari. Selain itu, hingga jarak pandang 85 derajat, gambar yang dihasilkan masih sangat bagus.

    Desain

    iPad Air 4 2020 memiliki pilihan warna hijau minty, biru, rose gold, silver dan Space Gray. Perbedaan yang begitu mencolok dengan pendahulunya adalah, dihilangkannya tombol Home di bagian bawah layar, sehingga layarnya bisa lebih besar menjadi 10.9 inci. Sebagai informasi, iPad Air 3 ukuran layarnya sebesar 10.5 inci.

    Pembeda lainnya adalah adanya pemindai sidik jari dengan teknologi Touch ID yang bersembunyi di tombol pengunci, namun masih bisa ditemukan dengan mudah. Kemudian dihilangkannya port Lightning USB-C yang bisa mengurangi penggunaan kabel secara berlebihan. Termasuk juga tidak adanya colokan headphone sehingga lebih mendukung penggunaan headphone nirkabel yang sekarang ini menjadi trend.

    Performa

    iPad Air 4 ditenagai oleh prosesor Bionic A14, yang merupakan sebuah CPU hexa-core dan quad-core GPU yang digabungkan dan mampu menghasilkan performa terbaik yang pernah ada di perangkat tablet manapun. Pengguna bisa membuka banyak tab secara bersamaan tanpa mengalami adanya delay yang signifikan. Hal ini bisa dilihat dari perolehan skor Geekbench yang mencapai 4,262 poin, mengalahkan para kompetitornya.

    Apple Pencil dan Magic Keyboard

    Mungkin adanya Apple Pencil dan Magic Keyboard akan semakin memudahkan kegiatan sehari-hari yang bisa dibilang bisa menggantikan peran laptop untuk kebutuhan mobile. Pengguna akan mendapatkan peningkatan dalam pengalaman mengetik, yang mirip dengan penggunaan keyboard asli. Terlebih juga mendukung adanya touchpad.

    Kamera

    Beberapa orang, memilih iPad Air 4 karena kelebihan pada kameranya. Apple sendiri memang mendorong perangkat ini untuk penggunaan fotografi dengan memberikan webcam wide-angle berukuran 12MP, yang mampu menghasilkan gambar yang berkualitas.

    Kamera depan 7MP juga memberikan hasil tangkapan gambar yang begitu tajam dan akurat, termasuk dalam menampilkan detail terkecil seperti lubang pori-pori pada wajah. Tentunya, dengan kamera sebagus ini juga akan mendukung meeting online saat WFH ketika menggunakan Google Meet, Microsoft Teams atau Zoom.

    Baterai

    Dalam pengujian, baterai iPad Air 4 2020 mampu bertahan hingga penggunaan penuh tanpa henti selama 10 jam 29 menit, sebelum akhirnya mencapai angka 0 persen dan harus diisi ulang. Meski sedikit beberapa jam di bawah kompetitornya, namun secara keseluruhan baterai iPad Air 4 masih sangat baik untuk diandalkan. Mengingat, performa yang ditawarkan juga sangat baik.

  • -- Penulis : Bambang Rudiansyah