Jangan ganti HDD ke SSD

iphone
  • Siapa sih yang tidak suka ketika menggunakan MacBooknya lebih cepat? Pasti semuanya suka dong. Ya untuk menundukung kecepatan sebuah laptop, ada beberapa kriteria yang akan membuatnya menjadi cepat seperti jenis dan spesifikasi prosesor, kapasitas RAM dan bahkan storage juga berpengaruh loh. Sebagai gambaran umum, pengguna laptop khususnya MacBook yang menggunakan storage SSD akan jauh lebih cepat dibandingkan Hardisk. Wajar saja, karena data yang disimpan dalam SSD menggunakan microchips yang akan lebih cepat membaca dan menulis ketimbang hardsik yang masih menggunakan model pita, yang akan berputar putar ketika membaca data.
  • Namun sayangnya tidak semua laptop atau MacBook telah membenamkan SSD. Wajar saja, karena teknologi SSD masih tergolong mahal. Padahal kalau kita tengok sejarahnya SSD telah hadir sejak tahun 1987, namun populernya baru mulai sekitar tahun 2013. MacBook yang keluar dibawah taun 2014 masih didominasi dengan storage harddisk. Walaupun demikian, performa MacBook juga lumayan bagus karena telah dirancang oleh Apple dengan build quality yang bagus. Beberapa kalangan coba melakukan pergantian hardisk Macbooknya dengan SSD. Pergantian tersebut bukan berarti experiment tanpa resiko.
  • Access Point banyak menerima keluhan permasalahnya seputar folder tanda tanya dan masalah pada logic yang sibabkan oleh “Pemaksaan” pergantian dari Hardisk ke SSD. Kami bisa memberikan gambaran bahwa dari 20 kasus kerusakan folder tanda tanya dari MacBook 2014 ke bawah setelah di Analisa dan telusuri yang disebabkan oleh si pengguna telah berupaya dan mengganti hardisk ke SSD. Melihat fenomena kerusakan tersebut, dapat kami simpulkan bahwa tidak disarankan untuk menggantikan hardisk ke SSD. Walau terlihat bisa, namun kenyataannya hanya menunggu waktu MacBook akan mengalami kerusakan. Analisa kami, Mungkin dikarenakan performa untuk speed SSD kencang dan logicboard dari MacBook tersebut tidak mampu mengimbangi.