Bahaya Melakukan Bypass iCloud di iPhone

saffix
  • Untuk melindungi data dan keamanan penggunaanya, Apple menerapkan sebuah fitur yang cukup canggih. Fitur tersebut adalah iCloud, di mana pengguna bisa melakukan backup atau pencadangan data-data mereka baik itu yang bersifat sensitif dan pribadi dengan aman. Selain itu, fitur iCloud ini juga untuk mengamankan perangkat iPhone secara keseluruhan, sehingga orang lain yang tidak berhak, tidak akan bisa mengakses perangkat tersebut.

    Namun pada akhirnya, selalu saja ada alasan orang-orang untuk melakukan bypass atau istilah kasarnya pembobolan fitur iCloud. Bisa saja karena ingin membuka secara paksa iPhone yang telah terkunci, atau mungkin juga karena alasan legal lainnya. Seperti lupa kata sandi iCloud, membeli iPhone bekas dan sebagainya.

    Apapun itu alasannya, melakukan bypass fitur iCloud di iPhone akan menimbulkan kerugian yang cukup signifikan pada perangkat tersebut. Pasalnya, dalam melakukan bypass iCloud ini komponen mesin pada iPhone akan diubah sedemikian rupa dan tidak lagi memiliki fungsi asli sehingga bisa berdampak pada performa perangkat itu sendiri.

    Dampak buruknya ini sangat banyak sekali dan tidak main-main. Bahkan kemampuan iPhone yang hilang bisa mencapai 80 persen, di mana layanan dan fiturnya tidak bisa lagi digunakan seperti awalnya. Berikut beberapa di antaranya :

    • Tidak bisa menggunakan jaringan seluler perangkat. Melakukan bypass pada iCloud akan mematikan fungsi SIM Card dan tidak akan lagi bisa terbaca oleh sistem. Jadi anda tidak akan bisa menggunakan kuota data atau jaringan internet yang bergantung pada SIM Card.
    • Tidak bisa melakukan panggilan telepon atau SMS. Imbas tidak terbacanya SIM Card, juga tentunya akan membuat anda tidak lagi bisa melakukan panggilan telepon atau sekedar mengirimkan pesan singkat.
    • Hanya bisa menggunakan jaringan Wi-Fi. Karena SIM Card tidak lagi bisa digunakan, maka satu-satunya cara agar bisa terhubung ke internet adalah dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi saja. Tentu ini akan sangat mengganggu ketika mobile.
    • Tidak bisa mengambil tangkapan layar. Bypass iCloud juga akan menyebabkan fungsi iPhone untuk bisa melakukan tangkapan layar atau screenshot tidak lagi bisa dilakukan.
    • Tidak bisa reset iPhone. Anda tidak bisa lagi melakukan reset perangkat iPhone. Karena jika dilakukan, maka anda harus mengulang lagi proses bypass iCloud yang tentunya akan memakan biaya dan waktu lebih banyak lagi.
    • Tidak bisa akses App Store. Karena perangkat iPhone menjadi tidak dikenali oleh sistem Apple, maka pengguna tidak bisa lagi mengakses layanan App Store untuk mengunduh atau memperbarui aplikasi.
    • Perangkat iPhone tidak stabil. Karena bypass iCloud mengubah komponen yang ada, maka perangkat akan menjadi tidak stabil seperti pada awalnya. Misal, iPhone akan tiba-tiba menjadi panas, sering mengalami restart atau perangkat mati dengan sendirinya.

    Jadi berhati-hatilah dengan resiko dan dampak yang ditimbulkan jika anda ingin melakukan bypass iCloud. Atau pun ketika ingin membeli perangkat iPhone bekas. Pastikan jika ingin membeli iPhone bekas, perangkat tidak mengalami perubahan seperti bypass iCloud tersebut.

  • -- Penulis : Bambang Rudiansyah